Cara mengganti lcd laptop Asus X200CA

Beberapa hari yang lalu saya mendapat servisan ringan sebuah laptop merk Asus X200CA. Permasalahannya sederhana hanya terjadi kerusakan pada LCD, layarnya pecah karena diinjak sama anak si pemilik laptop. Dan satu-satunya solusi untuk mengatasi masalah laptop ini adalah dengan mengganti lcd nya dengan yang masih normal walaupun bekas.

Cara mengganti lcd laptop Asus X200CA

Mengganti lcd laptop bukanlah pekerjaan yang sulit-sulit amat ya, dan bukan juga harus dilakukan oleh seorang teknisi komputer berpengalaman. Cukup anda memiliki sedikit keberanian saja untuk mencongkel lcd dengan benar maka tentu anda juga bisa mengganti lcd laptop sendiri tanpa harus bersusah payah membawanya ke tukang service.

Baca juga :

Seperti yang telah saya sebutkan di atas, di sini saya mengganti lcd laptop Asus X200CA yang berukuran 11" dengan lcd ukuran slim. Perlu anda ketahui, bahwa untuk mengganti lcd laptop tidak harus menggunakan lcd dari jenis dan type laptop yang sama, melainkan anda bisa menggantinya dengan lcd laptop lain yang memiliki jenis lcd dan ukuran sama.

Jika anda berniat mengganti lcd laptop dengan lcd second, maka anda harus benar-benar memperhatikan bahwa lcd tersebut benar-benar compatible dengan lcd laptop yang akan anda ganti. Dan yang lebih penting lagi ketika akan mengganti lcd laptop, posisi lubang baut untuk lcd dan jumlah pin harus sama dengan yang akan diganti.

Untuk posisi baut mungkin masih bisa ditolerir karena masih bisa digunting dan dipasang tanpa harus menggunakan baut pun lcd masih bisa aman dan bisa digunakan karena masih ada sistem penguncinya. Beda halnya jika yang berbeda adalah jumlah pin nya, maka lcd tersebut tidak akan bisa digunakan sama sekali. Misalnya LCD dengan pin 40 ingin diganti dengan pin 30, maka ini tidak bisa lakukan karena panjang soketnya berbeda.

Cara mengganti sendiri lcd laptop Asus X200CA dengan mudah

1. Congkel bagian penutup lcd dari samping, gunakan benda yang halus dan tidak merusak pelastik. Saya biasa menggunakan pelastik bekas tempat nempel kartu perdana yang terlebih dahulu saya raut agak tipis.

Cara mengganti lcd laptop Asus X200CA

2. Lepaskan baut pengunci lcd, kemudian angkat pelan-pelan dan jangan lupa lepaskan juga kabel flexible yang menempel pada bagian bawah lcd.

3. Angkat dan lepaskan lcd yang rusak dari dudukannya kemudian pasang lcd yang masih normal sebagai penggantinya.Jika terpaksa menggunakan LCD dengan posisi baut berbeda, anda bisa memotong tempat bautnya lalu dipasang tanpa menggunakan baut. Cukup gunakan penutup pinggir lcd saja sebagai penguatnya.

Berikut tampil lcd laptop Asus X200CA yang telah dicabut dari unit laptopnya

Cara mengganti lcd laptop Asus X200CA

tampilan lcd laptop Asus X200CA bagian belakang, di bagian bawah terlihat connector flexible yang berjulam 40 PIN

Cara mengganti lcd laptop Asus X200CA

Demikian cara membongkar dan mengganti lcd laptop ASUS X200CA, semoga bisa jadi refrensi bagi sobat yang ingin mengganti sendiri lcd laptopnya.